Jumat, 20 Februari 2015

Hewan Peliharaan Yang Mudah Dipelihara

Beberapa jenis hewan peliharaan berikut ini, tidak hanya mudah dipelihara namun juga aman untuk berada di rumah bahkan untuk anak-anak.
  • Ikan
Sebagian besar jenis ikan hias ai tawar untuk peliharaan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau dan tempat memelihara yang bervariasi  dengan perlengkapan akuarium. Untuk pemeliharaan ikan hanya makan sekali atau dua kali sehari dan membersihkan akuarium seminggu sekali. Taruh akuarium agak jauh dari sinar matahari secara langsung, untuk menghindari pertumbuhan jenis jamur atau ganggang yang dengan cepat mengotori akuarium.
  • Burung
Berbagai jenis burung dapat menjadi hewan peliharaan yang baik, bahkan burung jenis burung dapat berperilaku sangat cerdas seperti burung beo dan kakaktua, namun diperlukan perawatan yang membutuhkan perhatian hampir setiap hari. Bagi anak-anak yang baru mulai memelihara burung, jenis parkit relatif lebih mudah dan murah untuk di rawat. Selain itu, beberapa jenis burung mengandung komoditi bisnis seperti :
  1. Ternak lovebird
  2. Budidaya burung kenari
  3. Ternak burung murai, dan sebagainya
  • Hamster
Hamster termasuk jenis mamalia kecil yang mudah untuk di rawat karena hanya tidak membutuhkan kandang yang besar dengan perawatan yang sederhana. Berbagai jenis hamster yang paling banyak dipelihara dapat tumbuh hanya mencapai 2 sampai 7 inci, sekitar 17 cm. Cara merawat hamster juga tidak sulit, pakannya hanya membutuhkan air tawar, sesekali buah-buahan segar, sayuran , dan keju.
Hamster aktif di malam hari dan membutuhkan kertas atau jaringan parut untuk dibuat tempat tidur. Hamster juga mudah untuk berkembang biak.
  • Kelinci
Ada lebih dari 60 jenis kelinci keturunan dari berbagai rasnya dan dapat dipilih dari berbagai ukuran, warna dan panjang telinga. Bahkan berat badan dapat menjadi pilihan yang berkisar antara 2 sampai 13 kilogram dengan membedakan kelinci jantan atau betina yang ingin dipelihara. Hewan kelinci ini tidak hanya lucu untuk dipelihara namun ternak kelinci untuk bisnis terbilang sangat menjanjikan.

Jenis Hewan Peliharaan Yang Banyak Dipelihara

Berbagai hewan peliharaan memerlukan perawatan rutin, perhatian dan membutuhkan komitmen. Anak-anak mungkin memerlukan pengawasan orang dewasa ketika berinteraksi dengan beberapa hewan peliharaan, seperti juga beberapa jenis hewan peliharaan yang banyak dipelihara ini :
Anjing
Anjing adalah hewan peliharaan yang klasik dan banyak dipelihara, dengan sifat yang jinak di tengah manusia, namun tidak semua jenis anjing aman untuk dipelihara. Beberapa ras anjing mungkin tidak cocok untuk anak-anak, sementara jenis lainnya membutuhkan waktu untuk lebih jinak.
pemeliharaan anjing membutuhkan waktu untuk membuatnya lebih jinak, pemeriksaan hewan teratur dan vaksinasi. Jenis anjing yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan dengan dari ras Labrador, Golden Retriever, Pugs, Cocker Spaniel, dan sebagainya.
Kucing
Jenis-jenis kucing peliharaan termasuk anak kucing  yang manis dan menyenangkan menjadi peliharaan yang banyak diminati. Siapa yang bisa menolak kelucuan dari seekor kucing berbulu seperti kucing persia? Sama seperti anjing, kucing memerlukan pemeriksaan hewan teratur dan imunisasi. namun kelemahannya, banyak orang yang alergi terhadap mereka.
Cara merawat kucing yang benar juga tidak cukup rumit, misalnya kucing dapat kita tinggalkan makanan dan air di rumah untuk mereka. Kucing juga menjadi pilihan bagi anda daripada anjing, bagi anda memiliki ruangan terbatas.
Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi pengalaman yang berharga, terutama untuk anak-anak. Sebuah hewan peliharaan yang dipilih dapat menjadi pembelajaran interaksi ketika merawat makhluk hidup. Dengan bimbingan orang tua, hewan peliharaan dapat mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan dapat diandalkan.

sumber :  http://blogging.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar